Kebijakan Privasi

PEMBUKA

Pengelolaan Perusahaan berdasarkan prinsip Good Corporate Governance pada dasarnya merupakan upaya untuk menjadikan Good Corporate Governance sebagai kaidah dan pedoman bagi pengelola Perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Penerapan prinsip Good Corporate Governance sangat diperlukan agar Perusahaan dapat bertahan dan tangguh dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat dan implikasi Good Corporate Governance yang selama ini berjalan menjadi sarana untuk mencapai visi dan misi Perusahaan secara lebih baik.

Perusahaan telah melakukan penerapan Good Corporate Governance secara sistematis dan konsisten. Penerapan Good Corporate Governance dimanfaatkan oleh Perusahaan untuk memacu perkembangan bisnis serta mewujudkan nilai Pemegang Saham dalam jangka Panjang tanpa mengabaikan kepentingan Stakeholder lainnya.

Setiap tahunnya perusahaan telah dan tetap akan melakukan evaluasi atas penerapan Good Corporate Governance sebagai bentuk komitmen Perusahaan atas pentingnya penerapan Good Corporate Governance.

PEDOMAN BENTURAN KEPENTINGAN

 

Dalam rangka membangun kerjasama yang harmonis dan peningkatan nilai budaya Perusahaan yang tidak terlepas dari kegiatan usaha Perusahaan yang terus berhubungan dan berinteraksi dengan para stakeholders maupun pihak-pihak lainnya, sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menjalankan hubungan dan interaksi tersebut akan sangat rentan terhadap benturan kepentingan maupun potensi terhadap benturan kepentingan yang mungkin tidak dapat dihindarkan antara perusahaan dengan pihak lainnya.

Oleh Karena itu, perusahaan telah menyusun Pedoman Benturan Kepentingan yang selaras pula dengan pedoman Perusahaan lainnya Karena Perusahaan menyadari pentingnya mempunyai sikap yang tegas terhadap penanganan Benturan Kepentingan yang terjadi di Perusahaan, sehingga dapat tercipta pengelolaan Perusahaan yang baik dan hubungan yang harmonis dengan seluruh stakeholder.

 

Conflict of Interest

BOARD MANUAL

 

Board Manual merupakan salah satu bentuk komitmen Perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Dalam pedoman ini mengatur tentang garis besar hal-hal yang berhubungan dengan tata kerja Direksi dan Dewan Komisaris serta proses hubungan dan fungsi antara kedua organ tersebut.

Board Manual ini bersifat dinamis dan selalu berkembang. Penyempurnaannya sangat bergantung pada kebutuhan di dalam pengelolaan Perusahaan dan sejalan dengan tujuan dan prinsip tata kelola yang baik serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan adanya acuan tindakan Direksi dan Dewan Komisaris menjadikan fungsi Dewan Komisaris dan Direksi dalam menjalankan dan mengawasi Perusahaan lebih jelas dan tersistematis sehingga saat ini hubungan kerja dapat lebih efektif, dan produktif serta pencapaian kinerja dapat terwujud.

 

Board Manual

KODE ETIK

 

Code of Conduct yang diterapkan oleh perusahaan mengatur kebijakan nilai-nilai etis yang dinyatakan secara eksplisit sebagai suatu standar perilaku yang harus dipatuhi oleh seluruh insan Perusahaan, Code of Conduct ini berisi sekumpulan komitmen yang terdiri dari etika usaha Perusahaan dan etika kerja setiap Insan Perusahaan yang bersifat sukarela dan disusun untuk mempengaruhi, membentuk, mengatur dan melakukan kesesuaian perilaku, sehingga tercapainya hasil yang konsisten dan selaras dengan budaya kerja Perusahaan dalam mencapai Visi dan Misi.

Sebagai bentuk komitmen terhadap penerapan pedoman perilaku ini, Insan Perusahaan telah menandatangani pernyataan untuk memahami dan mengimplementasikan pedoman ini secara berkala setiap tahunnya. Code of Conduct ini berlaku bagi seluruh unsur yang bertindak untuk dan atas nama Perusahaan.

 

Code of Conduct

PEDOMAN TATA KELOLA PERUSAHAAN

 

Perusahaan menyusun Pedoman Tata Kelola Perusahaan (Code of Corporate Governance) yang diterapkan secara konsisten untuk meningkatkan kinerja dan kepatuhan terhadap implementasi prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan semua nilai yang dimiliki oleh pihak-pihak yang berkepentingan atas Perusahaan (Stakeholder) telah dipergunakan secara optimal dan menghasilkan pola hubungan ekonomis yang saling menguntungkan. Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik merupakan hasil nilai dari kaidah-kaidah tata kelola perusahaan yang baik, perundang-uindangan yang berlaku, nilai-nilai budaya yang dianut, visi dan misi serta praktek-praktek terbaik dalam tata kelola perusahaan yang baik.

Perubahan lingkungan bisnis yang bersifat dinamis dan berkembang, maka Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik yang disusun oleh Perusahaan juga selalu disesuaikan dengan kondisi internal maupun eksternal yang ada. Pengkajian secara berkensinambungan selalu dilakukan sebagai upaya mencapai standar kerja yang terbaik bagi Perusahaan.

 

 

Code of Corporate Governance

PEDOMAN GRATIFIKASI

 

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan bisnis Perusahaan yang amanah, transparan, dan akuntabel, maka Perusahaan telah menyadari pentingnya pelaksanaan sikap yang tegas terhadap penanganan Gratifikasi yang melibatkan Insan Perusahaan, meskipun dalam kegiatan usaha Perusahaan, Gratifikasi merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Hal ini sudah dibudayakan di lingkungan Perusahaan sebagai suatu proses pembelajaran bagi setiap Insan Perusahaan yang mempunyai harkat, martabat dan citra yang tinggi dalam hubungan bisnis dengan para Stakeholder.

Guna menangani hal tersebut, perusahaan menuangkan komitmennya dalam suatu pengaturan dalam bentuk Pedoman Gratifikasi, yang mencakup tindakan, bentuk dan penanganan Gratifikasi yang selaras dengan Pedoman Tata Kelola Perusahaan dan Pedoman Perilaku serta nilai-nilai yang berlaku di Perusahaan dengan tidak mengesampingkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Gratification Rule

WHISTLEBLOWING SYSTEM

 

Sebagai wujud komitmen Perusahaan untuk menyediakan sistem bagi penegakan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik, sehingga menciptakan situasi kerja yang bersih dan bertanggungjawab, Perusahaan telah menyusun dan menerapkan Sistem Pelaporan Pelanggaran dalam rangka memberikan kesempatan kepada segenap Insan Perusahaan dan pihak eksternal lainnya untuk dapat menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik, serta nilai-nilai etika yang berlaku kepada Perusahaan, berdasarkan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan serta dengan niat baik untuk kepentingan Perusahaan.

 

Whistleblowing System

MANAJEMEN RESIKO

 

Sistem dan Prosedur Manajemen Risiko Keuangan ini disusun berdasarkan prinsip- prinsip pengelolaan risiko perusahaan yang memenuhi prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) serta ketentuan perundangan yang berlaku. Melalui manajemen resiko, diharapkan perusahaan mampu mengelola resiko dengan baik sehingga memiliki kemampuan untuk mendeteksi resiko, fleksibilitas dalam merespon resiko, dan kapabilitas sumber daya dalam merespon resiko. Serta untuk mendapatkan hasil optimal dan meminimalkan potensi kerugian dari kegiatan operasional perusahaan, mengingat meningkatnya tingkat risiko yang dihadapi perusahaan akibat dari meningkatnya kompleksitas aktivitas perusahaan dan pesatnya perkembangan dunia bisnis, maka diperlukan sistem dan prosedur untuk mengelola risiko yang dihadapi perusahaan. Prosedur ini disusun untuk dipergunakan oleh unit terkait sebagai pedoman prosedur yang mencakup aktivitas keuangan perusahaan, agar pelaksanaannya mendapatkan hasil yang optimal, akurat dan tepat sasaran.

 

Manual Risk Management

PIAGAM INTERNAL AUDIT

 

Dalam rangka pengelolaan PT Gapura Angkasa yang sehat dan bertanggung jawab, perlu ditetapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance). Sejalan dengan penerapan prinsip-prinsip tersebut, telah ditetapkan Piagam Satuan Pengawasan Internal berdasarkan Surat Keputusan Direksi Nomor : SKEP/DZ/6001/JAN/2019 tanggal 3 Januari 2019.

 

Internal Audit Charter

SECRETARY
QUALIFICATION:
  • Female, max 28 years old
  • Holds min diploma degree with min. GPA 3.00 of 4.00 scale with major in Secretary
  • Fresh Graduate / Experienced (Preferable)
  • Excellent administration duties, good interpersonal and communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified : 600)
  • Computer literate & software (Ms. Office, Internet, others)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta
SENIOR MANAGER OF IT SUPPORT
QUALIFICATION:
  • Female / male
  • Min Bachelor degree in information management / technical information
  • Min. 2 years experience in IT division and managerial level
  • Having an understanding of IT Architecture, Business Requirement Analysis, Project Cost & Evaluation, Information System Design, Ground Handling Management, Management Innovation & Technology, Network Design, Software Architecture
RESPONSIBLE :
Planning and evaluating IT projects/Enterprise Resource Plan Programme. Designing, implementing and enforcing the policies, procedures and best practices for their IT department. Researching IT solutions and making recommendations for the improvement of IT systems and IT infrastructure. Negotiating and approving technology vendor, outsourcing, and consultant contracts and service agreements.
SENIOR MANAGER OF RAMP OPERATION SERVICES
QUALIFICATION:
  • Female / male
  • Min. Bachelor degree in any major
  • Min. 5 years experience in Ground Handling Operation/ Aviation industry
  • Min. 2 years in managerial level
  • Fluent in English
  • Good attention to detail, strong analytical and strategic thinking
RESPONSIBLE :
Planning, coordinating and evaluating every activity in ground handling operation especially in ramp operation services area. Employee optimalize in ramp operation services area, coordinating with client for passanger services standardization. Evaluating irregularities on ramp operation sevices.
OPERATION DEVELOPMENT PROGRAM
QUALIFICATION:
RESPONSIBLE :
A development program for young graduates who wants have a career in Ground Handling Business. There will be training in class and on the job training before the participants become an employee.
  • Male / Female, max 25 years old
  • Min. Diploma Degree majoring Hospitality Management / Tourism Management / Air Transportation Management
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduated or max 2 years experiences
  • Good Interpersonal and communication skill, fast learner, energic, good leadership, achievement orientation
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work under pressured
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Computer literate & software (Ms. Office, Internet, others)
  • Willingness to be located throughout Indonesia is a must
COMMERCIAL ANCILLARY & PRODUCT DEVELOPMENT ANALYST
QUALIFICATION:
  • Female / male, max 30 years old
  • Holds min bachelor degree with majoring in Management / Communication, min. GPA 3.00 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Having knowledge about feasibility studies
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified : 600)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
HUMAN CAPITAL PLANNING & DEVELOPMENT
QUALIFICATION:
  • Male / Female max 27 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Industrial Engineering / Management / Psychology / Legal
  • Min. GPA 3.0 of 4.00 scale
  • Fresh graduate / experienced (preferable)
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified : 600)
  • Good Interpersonal and communication skill, fast learner, energic, good leadership, achievement orientation
  • Computer literate & software (Ms. Office, Internet, others)
LEGAL OFFICER
QUALIFICATION:
  • Male / Female max 27 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Legal
  • Min. GPA 3.0 of 4.00 scale
  • Had experiences in legal
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified : 600)
  • Good Interpersonal and communication skill, fast learner, energic, good leadership, achievement orientation
  • Computer literate & software (Ms. Office, Internet, others)
HC OUTSOURCING MANAGEMENT ANALYST
QUALIFICATION:
  • Male / Female max 30 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Legal
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Having knowledge about The Law of Employee
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta
PROJECT ANALYST
QUALIFICATION:
  • Male / Female max 30 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Information System/ Information Technology/ Management Information System
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the HO Gapura Angkasa or Soekarno Hatta International Airport
COMPLIANCE ANALYST
QUALIFICATION:
  • Male / Female max 30 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Law
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Having knowledge about Procurement
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta
TAX MANAGEMENT ANALYST
QUALIFICATION:
  • Male max 30 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Accounting
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Had an experience as a Tax officer min 1 year
  • Having a brevet license
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta
PRODUCT DEVELOPMENT ANALYST
QUALIFICATION:
  • Female max 25 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Management & Communication
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Able to operate Social Media as Social Media Admin
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta
CUSTOMER & BUSINESS RELATION ANALYST
QUALIFICATION:
  • Female max 28 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Communication
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta
FINANCIAL ANALYST & MANAGEMENT REPORT
QUALIFICATION:
  • Male max 30 years old
  • Min. Bachelor degree majoring Accountan
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Having knowledge about Financial
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta
AVIATION SAFETY & SECURITY ANALYST
QUALIFICATION:
  • Male/Female max 28 years old
  • Min. Bachelor degree all major
  • Min. GPA 2.75 of 4.00 scale
  • Fresh Graduate or experienced (preferable)
  • Good interpersonal & communication skill
  • Excellent for both spoken and written English (TOEIC certified)
  • Able & accustomed to work in multitasking also able to work underpressured
  • Willing to be placed in the Head Office Gapura Angkasa at Kemayoran, Central Jakarta